Ramadan, DD Sulsel Kirim 7 Dai ke Wilayah Pedalaman di Sulselbar

Makassar – Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) baru saja melakukan pelepasan pemberangkatan Dai Pedalaman pada Senin 12 April 2021, di kantor Dompet Dhuafa Sulsel, Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar.

DD Sulsel kembali mengirimkan dai ke padalaman Sulawesi selama bulan suci Ramadhan. Setiap tahun Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke pedalaman untuk menyiarkan pengetahuan agama Islam.

Pada tahun 2020, program dai pedalaman ini tidak terlaksana karena situasi pandemi Covid-19. Pada tahun ini situasi Indonesia telah beradaptasi dengan kebijakan new normal dibolehkah adanya kegiatan namun tetap melakukan protokol kesehatan.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat Hidayat HM menjelaskan, tahun ini DD Sulsel mengirim 7 dai pedalaman di 7 kabupaten Sulselbar yakni di Barru, Pangkep, Soppeng, Toraja Utara, Majene, Polewali Mandar dan Mamuju.

Sebelumnya, Dompet Dhuafa telah melakukan pelatihan dai pada hari Sabtu 10 April 2021 di Aula kantor Dompet Dhuafa guna mempersiapkan bekal kepada para dai.

Tujuannya yaitu menyampaikan pesan-pesan Islam yang Rahmatan lil ‘alamin, Islam yang damai, dan menjadi duta-duta zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf).

Ramadhan, DD Sulsel Kirim 7 Dai ke Wilayah Pedalaman di Sulselbar
Ramadhan, DD Sulsel Kirim 7 Dai ke Wilayah Pedalaman di Sulselbar

Sementara itu, Muh. Rahman selaku koordinator program dakwah mengatakan bahwa sebelum ditugaskan ke wilayah penempatan masing-masing, para dai pedalaman terlebih dahulu dibekali training yang disampaikan oleh ketua Cordofa Jeneponto, serta manajemen Dompet Dhuafa Sulsel.

“Training tersebut meliputi pengenalan Dompet Dhuafa, metode dakwah, koordinasi dan penjelasan program,” ujar Rahman.

Selain itu, kata Rahman, dai juga diberikan pembahasan teknik PRA yang mana para dai diharapkan tidak hanya jadi pendamping keagamaan namun juga diajarkan untuk melakukan pemetaan wilayah desa melihat peluang potensi desa yang ada di wilayah penempatan agar sekiranya desa tersebut nantinya bisa dijadikan wilayah pemberdayaan Dompet Dhuafa.

Selain mengirimkan dai ke pelosok, DD Sulsel juga memberdayakan dai lokal dengan berbagai program yang dijalankan, antara lain Forum Halaqoh Qur’an, Dai Perahu Dakwah dan Dai Perkantoran.

“Semoga nilai-nilai Ziswaf pun tersebar luas di setiap lapisan masyarakat melalui diplomasi kemanusiaan dan penguatan jaringan dakwah,” pungkas Rahman.

Bagikan kisah ini:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Home

Donasi

Bantuan